Penggunaan Internet dan Pembelajaran Jarak Jauh

1. Penggunaan Internet dalam Pembelajaran
Hadirnya internet sebagai sumber informasi ini sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk penemuan penelitian keseluruh dunia dengan mudah, cepat, dan murah, sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih cepat dan merata. Kemajuan teknologi informasi ini dirasakan pula oleh dunia  pendidikan. Dengan demikian segala informasi yang ada di internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Dengan adanya internet, guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperkaya wawasan dirinya sendiri. Siswa akan dipacu untuk lebih memiliki inisiatif di dalam mencari berbagai ilmu pengetahuan.
Dengan adanya internet, setiap siswa di seluruh pelosok negeri mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi tersebut. Dengan kata lain, batasan wilayah dan pulau tidak lagi menjadi hambatan dalam mengambil setiap kesempatan yang ada.
Masih banyak lagi peranan internet dalam pendidikan, seperti pembelajaran yang interaktif, informasi yang terbaru dan aktual, perpustakaan yang tidak terbatas dan lain sebagainya. Yang terpenting di dalam penggunaan internet adalah kesadaran setiap siswa untuk mengambil sisi positif internet dan menjauhi segala pengaruh negatif internet.
Pada masa ini Internet telah menjadi sumber informasi yang tidak terbatas khususnya didalam dunia pendidikan. Dengan adanya internet, berbagai informasi dapat diperoleh secara mudah dan cepat. 

2. Mengimplementasikan Internet di Dalam Kelas
-Memancing siswa untuk secara simultan melakukan eksplorasi informasi lewat intenet, semisal melalui pertanyaan-pertanyaan.
-Meminta siswa mengunjungi suatu atau beberapa website atau blog yang menyajikan informasi terkait pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, yang sebelumnya telah dicek oleh guru.
-Yang lebih baik lagi adalah dengan memberikan semacam stimulus atau sekedar batasan topik, atau memunculkan permasalahan untuk dipecahkan siswa dalam sebuah pembelajaran, sehingga tidak ada arahan mereka harus pergi ke suatu situs web tertentu, atau karena harus menjawab pertanyaan tertentu, tetapi eksplorasi di internet lebih karena kebutuhan siswa tersebut akan informasi untuk riset yang mereka tentukan sendiri.

3. Internet Sebagai Sumber Media Mengajar
Internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu : 
(a). sebagai media interpersonal dan massa 
(b) bersifat interaktif 
(c). memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. 

Komentar