Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
1.) Jenis dan karakteristik Media Pembelajaran
- Berbagai sudut pndang untuk menggolongkan jenis jenis media yaitu :
• Media Audio
• Media Cetak
• Media Visual Diam
• Media Visual Gerak
• Media Audio Semi Gerak
• Media Visual Semi Gerak
• Media Audio Visual Diam
• Media Audio Visual Gerak
Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media :
1. Audio = kaset audio, siaran radio, CD, telepon
2. Cetak = buku pelajaran, modul, brosur, gambar
3. Audio - cetak = kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
4. Proyeksi Visual Diam = film bingkai slide bersuara
5. Proyeksi Audio Visual Diam = film bisu
6. Visual Gerak = film bingkai slide bersuara
7. Audio Visual Gerak = film gerak bersuara, video/vcd, televisi
8. Objek Fisik = benda nyata, model, spesimen
9. Manusia dan Lingkungan = guru, pustakawan, laboran
10. Komputer = CAI
Ada 3 karakteristik atau ciri media pembelajaran :
1. Ciri fiksatif
Yaitu menggambarkan kemanpuan media untuk merekam, menyimpan, melestarikan dan mengkonstruksi suatu peristiwa atau obyek
2. Ciri manipulative
Yaiu kempampuan media untuk mentransformasikan suatu obyek, kejadian atau proses dalam mengatasi masalah ruang dan waktu
3. Ciri distributif
Yang menggambarkan kemampuan media mentransportasikan obyek/kejadian itu disajikan kepada sejumlaj besar siswa, di berbagai tempat, dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut
2.) Fungsi Media Pendidikan
• Membantu dan memudahkan belajar siswa dan pengajaran bagi para guru
• Memberikan berbagai pengalama yang lebih nyata/kongkret
• Menarik perhatian yang lebih besar kepada para siswa dengan jalan yang tidak membosankan
• Dapat mengaktifkan dan membuat semua indra siswa bekerja
• Lebih menarik minat dan perhatian kepada murid dalam belajar
3.) Manfaat Media Pembelajaran
• Penyampaian materi pemvelajaran dapat diseragamkan
• Proses penbelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
• Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
• Efisiensi dalam waktu dan tenaga
• Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
• Media menungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saka
• Media dapat menumbuhkan sikap positif terhadap materi dan proses belajar.
- Berbagai sudut pndang untuk menggolongkan jenis jenis media yaitu :
• Media Audio
• Media Cetak
• Media Visual Diam
• Media Visual Gerak
• Media Audio Semi Gerak
• Media Visual Semi Gerak
• Media Audio Visual Diam
• Media Audio Visual Gerak
Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media :
1. Audio = kaset audio, siaran radio, CD, telepon
2. Cetak = buku pelajaran, modul, brosur, gambar
3. Audio - cetak = kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
4. Proyeksi Visual Diam = film bingkai slide bersuara
5. Proyeksi Audio Visual Diam = film bisu
6. Visual Gerak = film bingkai slide bersuara
7. Audio Visual Gerak = film gerak bersuara, video/vcd, televisi
8. Objek Fisik = benda nyata, model, spesimen
9. Manusia dan Lingkungan = guru, pustakawan, laboran
10. Komputer = CAI
Ada 3 karakteristik atau ciri media pembelajaran :
1. Ciri fiksatif
Yaitu menggambarkan kemanpuan media untuk merekam, menyimpan, melestarikan dan mengkonstruksi suatu peristiwa atau obyek
2. Ciri manipulative
Yaiu kempampuan media untuk mentransformasikan suatu obyek, kejadian atau proses dalam mengatasi masalah ruang dan waktu
3. Ciri distributif
Yang menggambarkan kemampuan media mentransportasikan obyek/kejadian itu disajikan kepada sejumlaj besar siswa, di berbagai tempat, dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut
2.) Fungsi Media Pendidikan
• Membantu dan memudahkan belajar siswa dan pengajaran bagi para guru
• Memberikan berbagai pengalama yang lebih nyata/kongkret
• Menarik perhatian yang lebih besar kepada para siswa dengan jalan yang tidak membosankan
• Dapat mengaktifkan dan membuat semua indra siswa bekerja
• Lebih menarik minat dan perhatian kepada murid dalam belajar
3.) Manfaat Media Pembelajaran
• Penyampaian materi pemvelajaran dapat diseragamkan
• Proses penbelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
• Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
• Efisiensi dalam waktu dan tenaga
• Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
• Media menungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saka
• Media dapat menumbuhkan sikap positif terhadap materi dan proses belajar.
Komentar
Posting Komentar