Arti Media Pembelajaran
1. Arti media pembelajaran. Media sebagai bahasa guru
=> Terdapat beberapa landasan teoritis yang mendasari penggunaaan media dalam proses pembelajaran yaitu :
• Landasan Filsofis
Daryanto (2010 : 12) memaparkan landasan filsofis media pembelajaran yaitu bahwa dengan digunakannya berbagai jenis media hasil teknologi baru didalam kelas, akan berakibat proses pembelajaran yang kurang manusiawi.
• Landasan Psikologis
Keunikan perilaku belajar ini disebabkan oleh adanya perbedaan karakteristik yang menentukan perilaku belajar, seperti : gaya belajar (visual vs auditif), gaya kognitif (field independent vs field dependent), bakat, minat, tingkat kecerdasan, kematangan intelektual, dan lainnya yang busa diacukan pada karakteristik individual siswa.
• Landasan Teknologis
Daryanto (2011 : 15) memaparkan landasan teknologis dalam penggunaan media pembelajaran dimana teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber belajar. Jadi, teknologi pembelajaran adalah proses kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari cara pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah - masalah dalam situasi dimana kegiatan belajar itu mempunyai tujuan dan terkontrol.
• Landasan Empiris
Daryanto (2011 : 16) memaparkan landasan empiris dalam penggunaan media pembelajaran dimana temuan - temuan penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan karakteristik belajar siswa dalam menentukan hasil belajar siswa.
3. Keguanaan media dalam pembelajaran
=> Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Secara lebih rinci media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
• Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat Verbalistis
• Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera
• Menimbulkan gairah belajar
• Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
• Efisiensi dalam waktu dan tenaga
• Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
4. Ciri - ciri media pembelajaran
=> Untuk mengenali beberapa ciri media pembelajaran Gerlach dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri - ciri media pembelajaran :
1.) Ciri Fiksatif (fixative property)
Menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksikan suatu peristiwa atau objek. Media yang dikembangkan seperti photography, video tape, audio tape, disket komputer dan film
2.) Ciri Manipulatif ( manipulatif property)
Yaitu transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari - hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu dua menit sampai lima belas menit dengan teknik pengambilan gambar atau time lapse recording
3.) Ciri Distributif ( distributif property)
Yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian di transformasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini.
=> Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamal dari "Medium" yang secara harfiah berarti "Perantara" atau "Pengantar" yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam proses belajar mengajar dikelas. Media berarti sebagai sarana yang berfungsi menyalurkan pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Kelancaran aplikasi model pembelajaran sedikit banyak ditentukan pula oleh media pembelajaran yang digunakan. Menurut Schramn (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
2. Landasan teoritis pengunaan media pendidikan=> Terdapat beberapa landasan teoritis yang mendasari penggunaaan media dalam proses pembelajaran yaitu :
• Landasan Filsofis
Daryanto (2010 : 12) memaparkan landasan filsofis media pembelajaran yaitu bahwa dengan digunakannya berbagai jenis media hasil teknologi baru didalam kelas, akan berakibat proses pembelajaran yang kurang manusiawi.
• Landasan Psikologis
Keunikan perilaku belajar ini disebabkan oleh adanya perbedaan karakteristik yang menentukan perilaku belajar, seperti : gaya belajar (visual vs auditif), gaya kognitif (field independent vs field dependent), bakat, minat, tingkat kecerdasan, kematangan intelektual, dan lainnya yang busa diacukan pada karakteristik individual siswa.
• Landasan Teknologis
Daryanto (2011 : 15) memaparkan landasan teknologis dalam penggunaan media pembelajaran dimana teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan, penerapan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber belajar. Jadi, teknologi pembelajaran adalah proses kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari cara pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah - masalah dalam situasi dimana kegiatan belajar itu mempunyai tujuan dan terkontrol.
• Landasan Empiris
Daryanto (2011 : 16) memaparkan landasan empiris dalam penggunaan media pembelajaran dimana temuan - temuan penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan karakteristik belajar siswa dalam menentukan hasil belajar siswa.
3. Keguanaan media dalam pembelajaran
=> Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Secara lebih rinci media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
• Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat Verbalistis
• Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera
• Menimbulkan gairah belajar
• Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya
• Efisiensi dalam waktu dan tenaga
• Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
4. Ciri - ciri media pembelajaran
=> Untuk mengenali beberapa ciri media pembelajaran Gerlach dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri - ciri media pembelajaran :
1.) Ciri Fiksatif (fixative property)
Menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksikan suatu peristiwa atau objek. Media yang dikembangkan seperti photography, video tape, audio tape, disket komputer dan film
2.) Ciri Manipulatif ( manipulatif property)
Yaitu transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari - hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu dua menit sampai lima belas menit dengan teknik pengambilan gambar atau time lapse recording
3.) Ciri Distributif ( distributif property)
Yaitu dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian di transformasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini.
Komentar
Posting Komentar